Rabu, 10 Juni 2015

RPP KELAS XII SEMESTER 1 TEKS BERITA PAKET B



RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMA
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas/semester                        : XII/1
Tema                                       :
Subtema                                  :
Materi Pokok                          : Teks Berita
Alokasi Waktu                        : 8 JP
A.    Kompetensi Inti
KI1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI2:Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI3:Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4:Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
No
Kompetansi Dasar
Indikator
1.
1.1     Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa

1.2     Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan meng analisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel

1.3       Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalamnovel
1.1.1 Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa




1.2.1 Menggunakan bahasa
indonesia yang baik dan benar sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks berita








1.3.1 Menggunakan Bahasa Indoneisa yang baik dan benar sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks berita
2.
2.2     Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita

2.2.1 Menyelesaikan tugas membuat berita secara tepat waktu dengan menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita

2.2.2 Memberikan apresiasi terhadap pembacaan sebuah berita menggunakan bahasan Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita

2.2.3 Menyajikan sebuah berita dengan bahasa yang santun menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita
3.
3.1     Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan

3.3     Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan

4.1     Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan

4.2     Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan

3.1.1 Menjelaskan struktur teks berita baik melalui lisan maupun tulisan

3.1.2 Menjelaskan kaidah teks berita baik melalui lisan maupun tulisan


3.3.1 Menganalisis isi teks berita baik melalui lisan maupun tulisan



4.1.1Menemukan makna teks berita baik secara lisan maupun tulisan





4.2.1 Menyusun teks berita sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan


C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Kompetensi Sikap:
1.1.1 Siswa mampu menggunakan struktur bahasa Indonesia yang baik dan        benar sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2.1 Siswa mampu menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks berita
1.3.1 Siswa mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks berita
2.2.1   Siswa memiliki tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas membuat berita secara tepat waktu dengan  menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita
2.2.2 Siswa memiliki rasa peduli dengan memberikan apresiasi terhadap pembacaan sebuah berita menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita
2.2.3 Siswa mampu menyajikan sebuah berita dengan bahasa yang santun menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita

2      Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan:
Pertemuan 1 (2JP):
3.1.1 Siswa mampu menjelaskan struktur teks berita melalui tahap membaca, menanya, bertanya jawab, menguraikan, menyimpulkan, menyampaikan hasil diskusi tentang  struktur, isi,dan makna teks berita
3.1.2 Siswa mampu menjelaskan kaidah teks berita meliputi tahap membaca, menanya, bertanya jawab, menguraikan, menyimpulkan, menyampaikan hasil diskusi tentang  struktur, isi,dan makna teks berita
Pertemuan 2 (2JP):
3.3.1 Siswa mampu menganalisis isi teks meliputi pertanyaan 5W +1H (What, Who, When, Where, Why, dan How)  baik melalui lisan maupun tulisan

Pertemuan 3 (2JP):
4.1.1 Siswa mampu menemukan makna teks berita melalui tahap membaca, menanya, bertanya jawab, menguraikan, menyimpulkan, menyampaikan hasil diskusi tentang  struktur, isi,dan makna teks berita.

Pertemuan 4 (2JP):
4.2.1 Siswa mampu menyusun teks berita sesuai dengan karakteristik teks melalui tahap membaca, menanya, bertanya jawab, menguraikan, menyimpulkan, menyampaikan hasil diskusi tentang  struktur, isi,dan makna teks berita.
D.    Materi Ajar
Pertemuan 1:
1.      Materi struktur dan isi teks berita
2.      Contoh kerangka teks berita
3.      Materi kaidah teks berita

Pertemuan 2:
1.  Teks berita
2.  Contoh analisis isi teks berita
3.  Cara menganalisis isi teks berita

Pertemuan 3:
1.      Langkah-langkah menganalisis makna
2.      Contoh teks berita

Pertemuan 4:
1.      Materi cara menyusun teks berita
2.      Contoh Susunan berita yang baik
                                        
E.     Pendekatan Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan                       : student oriented
Model Pembelajaran         : 1. Inkuiri
  2. Kerja kelompok
  3. Jigsaw
  4. Diskusi
  5. Penugasan
  6. Refleksi

F.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2JP)
Pertemuan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pertemuan ke-1
Kegiatan Pendahuluan
a.    Orientasi, siswa ditanya tentang pengalaman membaca atau menyimak berita
b.   Apersepsi, siswa ditanya tentang struktur, isi, dan kaidah kebahasaan pembangun teks berita.
c.    Motivasi, guru memberikan motivasi kepada siswa tentang manfaat memahami struktur, isi, dan kaidah kebahasaan pembangun teks berita.
d.   Pemberian acuan, guru memberikan penguatan tentang struktur, isi, dan kaidah kebahasaan teks berita.
10 menit

Kegiatan Inti
Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·      Membaca kembali teks berita untuk memahami  struktur, isi dan kaidah yang membangun teks berita.
Menanya
·       Menanya tentang  struktur dan isi yang membangun teks berita
·       Menanya tentang kaidah kebahasaan teks berita
Mengumpulkan informasi
·       Bertanya jawab tentang struktur, isi, dan kaidah kebahasaan teks berita
Menalar/Mengasosiasi
·       Menguraikan  struktur dan isi yang membangun teks berita untuk  mempertajam  pemahaman
Mengomunikasikan
·       Menyampaikan  hasil diskusi tentang struktur, isi, dan kaidah kebahasaan teks berita
50 menit

Kegiatan Penutup
1. Refleksi
·      Guru memberikan pujian dan reward  kepada siswa yang memberanikan diri menyampaikan teks diskusinya didepan kelas
·      Guru merefleksi pembelajaran-pembelajaran yang telah dilakukan
·      Siswa dengan panduan guru melakukan refleksi dg memberikan penegasan ulang tentang struktur, isi, dan kaidah teks berita
·      Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari
·      Guru mengevaluasi pembelajaran dengan cara menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran tentang struktur, isi, dan kaidah teks berita
2. Tindak lanjut
·      Siswa mencatat tugas untuk pertemuan kedua yaitu mencari contoh teks berita dari koran, kemudian mengidentifikasi struktur, isi, dan kaidah
·      Menyampaikan materi kepada siswa mengenai isi pertemuan selanjutnya
20 menit

Pertemuan 2 (2JP)
Pertemuan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pertemuan Ke-2
Kegiatan Pendahuluan
a.       Orientasi, siswa ditanya mengenai pengalaman membaca atau menyimak suatu isi berita
b.      Apersepsi, siswa ditanya tentang apa saja isi suatu berita
c.  Motivasi, guru motivasi kepada siswa tentang manfaat   memelajari isi berita
d.  Pemberian Acuan, guru memberikan penguatan tetang isi suatu berita
10 menit

Kegiatan Inti
Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·      Membaca  kembali teks berita untuk memahami isi berita.
Menanya
·       Menanya tentang isi teks berita
Mengumpulkan informasi
·       Berdiskusi  tentang  isi teks berita.
Menalar/Mengasosiasi
·       Menyimpulkan isi sebuah teks berita
Mengomunikasikan
·       Menyampaikan hasil diskusi terhadap isi berita
50 menit

Kegiatan Penutup
1. Refleksi
·      Guru memberikan pujian dan reward  kepada siswa yang memberanikan diri menyampaikan teks diskusinya didepan kelas
·      Guru merefleksi pembelajaran-pembelajaran yang telah dilakukan
·      Siswa dengan panduan guru melakukan refleksi dg memberikan penegasan ulang tentang apa saja isi suatu teks berita
·      Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari pelajari
·      Guru mengevaluasi pembelajaran dengan cara menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran tentang isi suatu teks berita
2. Tindak lanjut
·      Siswa mencatat tugas untuk pertemuan ketiga yaitu mencari contoh teks berita dari koran, kemudian mengidentifikasi isi dari berita tersebut
·      Menyampaikan materi kepada siswa mengenai isi pertemuan selanjutnya
20 menit

Pertemuan 3 (2JP)
Pertemuan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pertemuan ke-3
Kegiatan Pendahuluan
a. Orientasi, siswa ditanya tentang pengalaman mengidentifikasi isi teks berita untuk menemukan makna teks berita
b.Apersepsi, siswa ditanya tentang cara menemukan makna sebuah teks berita
c. Motivasi, guru memberikan motivasi kepada siswa tentang manfaat memelajari cara menemukan makna berita
d.                  Pemberian Acuan, guru memberikan penguatan tentang cara menemukan makna berita
10 menit

Kegiatan Inti
Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·      Membaca  kembali teks berita untuk menemukan makna teks berita.
Menanya
·       Menanya tentang cara menemukan makna teks berita
Mengumpulkan informasi
·       Berdiskusi untuk menemukan makna teks berita
Menalar/Mengasosiasi
·       Menyimpulkan makna teks berita
Mengomunikasikan
·       Menyampaikan  hasil diskusi tentang makna teks berita
50 menit

Kegiatan Penutup
1. Refleksi
·      Guru memberikan pujian dan reward  kepada siswa yang memberanikan diri menyampaikan teks diskusinya didepan kelas
·      Guru merefleksi pembelajaran-pembelajaran yang telah dilakukan
·      Siswa dengan panduan guru melakukan refleksi dg memberikan penegasan ulang tentang cara menemukan makna dalam teks berita
·      Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari
·      Guru mengevaluasi pembelajaran dengan cara menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran tentang cara menemukan makna teks berita
2. Tindak lanjut
·      Menyampaikan materi kepada siswa mengenai isi pertemuan selanjutnya
20 menit

Pertemuan 4 (2JP)
Pertemuan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pertemuan ke-4
Kegiatan Pendahuluan
a.     Orientasi, siswa ditanya mengenai pengalamannya terkait hal-hal yang perlu dilakukan dalam menyusun teks berita
b.     Apersepsi, siswa ditanya tentang cara menyusun teks berita
c.     Motivasi, guru memberikan motivasi kepada siswa tentang manfaat menyusun teks berita
d.    Pemberian Acuan, guru memberi penguatan tentang cara menyusun teks berita
10 menit

Kegiatan Inti
Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·      Membaca  kembali teks berita untuk memahami  cara menyusun teks berita.
Menanya
·       Menanya tentang cara menyusun teks berita
Mengumpulkan informasi
·         Mengumpulkan bahan dari berbagai sumber untuk menyusun teks berita
·       Berdiskusi untuk menyusun sebuah teks berita
Menalar/Mengasosiasi
·       Menyimpulkan teks berita yang telah disusun
Mengomunikasikan
·       Menyampaikan  hasil diskusi teks berita yang telah disusun
50 menit

Kegiatan Penutup
1.    Refleksi
·      Guru memberikan pujian dan reward  kepada siswa yang memberanikan diri menyampaikan teks diskusinya didepan kelas
·      Guru merefleksi pembelajaran-pembelajaran yang telah dilakukan
·      Siswa dengan panduan guru melakukan refleksi dg memberikan penegasan ulang tentang cara menyusun teks berita
·      Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari
·      Guru mengevaluasi pembelajaran dengan cara menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran tentang cara menyusun teks berita
2. Tindak lanjut
·      Siswa mencatat tugas untuk pertemuan selanjutnya yaitu membuat teks berita dengan tema pendidikan
20    enit

G.    Alat, Media, dan Sumber Belajar
Pertemuan 1
Alat                       : Notebook, LCD, spidol, papan tulis
Media                    : Kertas berwarna
Sumber belajar      :  1. Buku pegangan guru kelas XII
                                 2. Buku pegangan siswa kelas XII

Pertemuan 2:
Alat                       : Spidol, papan tulis
Media                    : Kertas berwarna
Sumber belajar      : 1. Buku pegangan guru kelas XII
                                2. Buku pegangan siswa kelas XII
                                3. Media Massa

Pertemuan 3
Alat                       : Notebook, LCD
Media                    : Kertas berwarna
Sumber belajar      : 1. Buku pegangan guru kelas XII
                                2. Buku pegangan siswa kelas XII
                                3. Media Massa

Pertemuan 4
Alat                       : Spidol, papan tulis
Media                    : Kertas berwarna
Sumber belajar      : 1. Buku pegangan guru kelas XII
                                2. Buku pegangan siswa kelas XII


H.    Penilaian
(BELUM ADA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar