RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas/semester : XII/1
Tema :
Subtema :
Materi
Pokok : Teks
Berita
Alokasi
Waktu : 8 JP
A.
Kompetensi
Inti
KI1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI2:Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI3:Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4:Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
No
|
Kompetansi
Dasar
|
Indikator
|
1.
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan,
dan meng analisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalamnovel
|
1.1.1 Menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan
bangsa
1.2.1 Menggunakan bahasa
indonesia yang baik dan benar sebagai sarana komunikasi dalam
memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks
berita
1.3.1 Menggunakan Bahasa Indoneisa yang baik dan benar sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui teks berita
|
2.
|
2.2
Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk memahami dan menyampaikan
berita
|
2.2.1 Menyelesaikan tugas membuat berita secara tepat waktu
dengan menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita
2.2.2 Memberikan apresiasi terhadap pembacaan sebuah berita
menggunakan bahasan Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita
2.2.3 Menyajikan sebuah berita dengan bahasa yang santun
menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita
|
3.
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
baik melalui lisan maupun tulisan
3.3
Menganalisis teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan
maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
|
3.1.1 Menjelaskan struktur teks berita baik melalui lisan maupun
tulisan
3.1.2 Menjelaskan kaidah teks berita baik melalui lisan maupun
tulisan
3.3.1 Menganalisis isi teks berita baik melalui lisan maupun
tulisan
4.1.1Menemukan makna teks berita baik secara lisan maupun tulisan
4.2.1 Menyusun teks berita sesuai dengan karakteristik teks baik
secara lisan maupun tulisan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Kompetensi
Sikap:
1.1.1 Siswa
mampu menggunakan struktur bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah dan konteks
untuk mempersatukan bangsa
1.2.1 Siswa
mampu menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar sebagai sarana komunikasi
dalam memahami, menerapkan dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui
teks berita
1.3.1 Siswa
mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai sarana
komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks berita
2.2.1
Siswa memiliki tanggung jawab dalam menyelesaikan
tugas membuat berita secara tepat waktu dengan menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami
dan menyampaikan berita
2.2.2 Siswa
memiliki rasa peduli dengan memberikan apresiasi terhadap pembacaan sebuah
berita menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita
2.2.3 Siswa mampu
menyajikan sebuah berita dengan bahasa yang santun menggunakan bahasa Indonesia
untuk memahami dan menyampaikan berita
2
Kompetensi
Pengetahuan dan Keterampilan:
Pertemuan 1 (2JP):
3.1.1 Siswa
mampu menjelaskan struktur teks berita melalui tahap membaca,
menanya, bertanya jawab, menguraikan, menyimpulkan, menyampaikan hasil diskusi
tentang struktur, isi,dan makna
teks berita
3.1.2 Siswa mampu
menjelaskan kaidah teks berita meliputi tahap membaca, menanya,
bertanya jawab, menguraikan, menyimpulkan, menyampaikan hasil diskusi
tentang struktur, isi,dan makna
teks berita
Pertemuan 2 (2JP):
3.3.1 Siswa mampu menganalisis
isi teks meliputi pertanyaan 5W +1H (What, Who, When, Where, Why, dan
How) baik melalui lisan maupun
tulisan
Pertemuan 3 (2JP):
4.1.1 Siswa
mampu menemukan makna teks berita melalui tahap membaca, menanya,
bertanya jawab, menguraikan, menyimpulkan, menyampaikan hasil diskusi
tentang struktur, isi,dan makna teks
berita.
Pertemuan 4
(2JP):
4.2.1 Siswa
mampu menyusun teks berita sesuai dengan karakteristik teks melalui
tahap membaca, menanya, bertanya jawab, menguraikan, menyimpulkan, menyampaikan
hasil diskusi tentang struktur, isi,dan
makna teks berita.
D.
Materi
Ajar
Pertemuan 1:
1.
Materi
struktur dan isi teks berita
2.
Contoh
kerangka teks berita
3.
Materi
kaidah teks berita
Pertemuan 2:
1. Teks berita
2. Contoh analisis isi teks
berita
3. Cara menganalisis isi teks
berita
Pertemuan 3:
1.
Langkah-langkah
menganalisis makna
2.
Contoh
teks berita
Pertemuan 4:
1.
Materi
cara menyusun teks berita
2.
Contoh
Susunan berita yang baik
E.
Pendekatan
Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan
:
student oriented
Model
Pembelajaran : 1. Inkuiri
2. Kerja kelompok
3. Jigsaw
4. Diskusi
5. Penugasan
6. Refleksi
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2JP)
Pertemuan
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pertemuan
ke-1
|
Kegiatan Pendahuluan
a.
Orientasi, siswa ditanya
tentang pengalaman membaca atau menyimak berita
b.
Apersepsi, siswa ditanya
tentang struktur, isi, dan kaidah kebahasaan pembangun teks berita.
c.
Motivasi, guru memberikan
motivasi kepada siswa tentang manfaat memahami struktur, isi, dan kaidah kebahasaan
pembangun teks berita.
d.
Pemberian acuan, guru
memberikan penguatan tentang struktur, isi, dan kaidah kebahasaan teks
berita.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Kerja Sama
Membangun Teks
Mengamati
· Membaca kembali teks berita untuk
memahami struktur, isi dan kaidah yang
membangun teks berita.
Menanya
· Menanya tentang struktur dan isi yang membangun teks berita
· Menanya tentang kaidah kebahasaan teks
berita
Mengumpulkan
informasi
· Bertanya jawab tentang struktur,
isi, dan kaidah kebahasaan teks berita
Menalar/Mengasosiasi
· Menguraikan struktur dan isi yang membangun teks berita
untuk mempertajam pemahaman
Mengomunikasikan
· Menyampaikan hasil diskusi tentang struktur, isi, dan
kaidah kebahasaan teks berita
|
50 menit
|
|
Kegiatan Penutup
1. Refleksi
· Guru memberikan pujian dan reward
kepada siswa yang memberanikan
diri menyampaikan teks diskusinya didepan kelas
· Guru merefleksi pembelajaran-pembelajaran
yang telah dilakukan
· Siswa dengan panduan guru
melakukan refleksi dg memberikan penegasan ulang tentang struktur, isi, dan
kaidah teks berita
· Guru menyimpulkan materi
pembelajaran yang telah dipelajari
· Guru mengevaluasi pembelajaran
dengan cara menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran
tentang struktur, isi, dan kaidah teks berita
2. Tindak lanjut
· Siswa mencatat tugas untuk
pertemuan kedua yaitu mencari contoh teks berita dari koran, kemudian
mengidentifikasi struktur, isi, dan kaidah
· Menyampaikan materi kepada siswa
mengenai isi pertemuan selanjutnya
|
20 menit
|
Pertemuan
2 (2JP)
Pertemuan
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pertemuan
Ke-2
|
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Orientasi, siswa ditanya
mengenai pengalaman membaca atau menyimak suatu isi berita
b.
Apersepsi, siswa ditanya
tentang apa saja isi suatu berita
c. Motivasi, guru motivasi
kepada siswa tentang manfaat memelajari
isi berita
d. Pemberian Acuan, guru
memberikan penguatan tetang isi suatu berita
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Kerja
Sama Membangun Teks
Mengamati
· Membaca kembali teks berita untuk memahami isi
berita.
Menanya
· Menanya tentang isi teks berita
Mengumpulkan
informasi
· Berdiskusi tentang
isi teks berita.
Menalar/Mengasosiasi
· Menyimpulkan isi sebuah teks
berita
Mengomunikasikan
· Menyampaikan hasil diskusi
terhadap isi berita
|
50 menit
|
|
Kegiatan Penutup
1. Refleksi
· Guru memberikan pujian dan reward
kepada siswa yang memberanikan
diri menyampaikan teks diskusinya didepan kelas
· Guru merefleksi
pembelajaran-pembelajaran yang telah dilakukan
· Siswa dengan panduan guru
melakukan refleksi dg memberikan penegasan ulang tentang apa saja isi suatu
teks berita
· Guru menyimpulkan materi
pembelajaran yang telah dipelajari pelajari
· Guru mengevaluasi pembelajaran
dengan cara menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran
tentang isi suatu teks berita
2. Tindak lanjut
·
Siswa
mencatat tugas untuk pertemuan ketiga yaitu mencari contoh teks berita dari
koran, kemudian mengidentifikasi isi dari berita tersebut
·
Menyampaikan
materi kepada siswa mengenai isi pertemuan selanjutnya
|
20 menit
|
Pertemuan 3
(2JP)
Pertemuan
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pertemuan
ke-3
|
Kegiatan Pendahuluan
a. Orientasi, siswa ditanya tentang pengalaman mengidentifikasi isi teks berita
untuk menemukan makna teks berita
b.Apersepsi, siswa ditanya tentang cara menemukan makna sebuah teks berita
c. Motivasi, guru memberikan motivasi kepada siswa tentang manfaat memelajari
cara menemukan makna berita
d.
Pemberian Acuan, guru
memberikan penguatan tentang cara menemukan makna berita
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
Kerja
Sama Membangun Teks
Mengamati
· Membaca kembali teks berita untuk menemukan makna
teks berita.
Menanya
· Menanya tentang cara menemukan makna
teks berita
Mengumpulkan
informasi
· Berdiskusi untuk menemukan makna teks
berita
Menalar/Mengasosiasi
· Menyimpulkan makna teks berita
Mengomunikasikan
· Menyampaikan hasil diskusi tentang makna teks berita
|
50 menit
|
|
Kegiatan Penutup
1. Refleksi
· Guru memberikan pujian dan reward
kepada siswa yang memberanikan
diri menyampaikan teks diskusinya didepan kelas
· Guru merefleksi pembelajaran-pembelajaran
yang telah dilakukan
· Siswa dengan panduan guru
melakukan refleksi dg memberikan penegasan ulang tentang cara menemukan makna
dalam teks berita
· Guru menyimpulkan materi
pembelajaran yang telah dipelajari
· Guru mengevaluasi pembelajaran
dengan cara menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran
tentang cara menemukan makna teks berita
2. Tindak lanjut
·
Menyampaikan
materi kepada siswa mengenai isi pertemuan selanjutnya
|
20 menit
|
Pertemuan 4
(2JP)
Pertemuan
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pertemuan
ke-4
|
Kegiatan Pendahuluan
a. Orientasi, siswa ditanya mengenai pengalamannya terkait hal-hal yang perlu
dilakukan dalam menyusun teks berita
b. Apersepsi, siswa ditanya tentang cara menyusun teks berita
c. Motivasi, guru memberikan motivasi kepada siswa tentang manfaat menyusun
teks berita
d. Pemberian Acuan, guru memberi penguatan tentang cara menyusun teks berita
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Kerja Sama
Membangun Teks
Mengamati
· Membaca kembali teks berita untuk memahami cara menyusun teks berita.
Menanya
· Menanya tentang cara menyusun teks
berita
Mengumpulkan
informasi
·
Mengumpulkan
bahan dari berbagai sumber untuk menyusun teks berita
· Berdiskusi untuk menyusun sebuah
teks berita
Menalar/Mengasosiasi
· Menyimpulkan teks berita yang
telah disusun
Mengomunikasikan
· Menyampaikan hasil diskusi teks berita yang telah
disusun
|
50 menit
|
|
Kegiatan Penutup
1.
Refleksi
· Guru memberikan pujian dan reward
kepada siswa yang memberanikan
diri menyampaikan teks diskusinya didepan kelas
· Guru merefleksi
pembelajaran-pembelajaran yang telah dilakukan
· Siswa dengan panduan guru
melakukan refleksi dg memberikan penegasan ulang tentang cara menyusun teks
berita
· Guru menyimpulkan materi
pembelajaran yang telah dipelajari
· Guru mengevaluasi pembelajaran
dengan cara menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran
tentang cara menyusun teks berita
2. Tindak lanjut
· Siswa mencatat tugas untuk
pertemuan selanjutnya yaitu membuat teks berita dengan tema pendidikan
|
20
enit
|
G.
Alat,
Media, dan Sumber Belajar
Pertemuan 1
Alat :
Notebook, LCD, spidol, papan tulis
Media :
Kertas berwarna
Sumber belajar : 1. Buku pegangan guru kelas XII
2. Buku pegangan siswa kelas XII
Pertemuan 2:
Alat :
Spidol, papan tulis
Media :
Kertas berwarna
Sumber belajar : 1. Buku
pegangan guru kelas XII
2. Buku pegangan siswa kelas XII
3. Media Massa
Pertemuan 3
Alat :
Notebook, LCD
Media :
Kertas berwarna
Sumber belajar : 1. Buku
pegangan guru kelas XII
2. Buku pegangan siswa kelas XII
3. Media Massa
Pertemuan 4
Alat :
Spidol, papan tulis
Media :
Kertas berwarna
Sumber belajar : 1. Buku
pegangan guru kelas XII
2. Buku pegangan siswa kelas XII
H.
Penilaian
(BELUM ADA)
(BELUM ADA)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar